Sabtu, 08 Januari 2011

KUMPULAN HADIST QUDSI

DUNIA
  • Allah berfirman dalam hadist Qudsi
Wahai Dunia! berhidmatlah kepada orang yang telah berhidmat kepadaKu dan perbudaklah orang yang mengabdi kepadamu(HQR al-Qudla'i ysng bersumber dari Ibnu Masud ra)

Terdapat perumpamaan dalam Hadist Qudsi sebagai berikut:

Allah swt telah mewahyukan kepada Daud a.s dengan firmanNya : " Wahai Daud, perumpamaan Dunia yaitu laksana bangkai dimata anjing-anjing berkumpul mengelilinginya, menyeretnya kian kemari.Apakah engkau senang menjadi seekor anjing, lalu ikut bersama mereka menyeret bangkai itu kian kemari?
Wahai Daud! berlemah lembutlah dalam pembicaraan dan berlaku sederhanalah dalam berpakaian. kemasyuran namamu di antara khalayak ramai tidak akan identik selama-lamanya dengan yang diperoleh di akhirat(HQR al-Madani di dalam Kitabnya)
 
  • Hadist-Hadist Nabi saw. mengenai urusan dunia : 
Barang siapa yang menjadikan dunia ini (pusat) cita-citanya, niscaya Allah akan mencerai beraikan urusannya dan menjadikan kepapaan menghampiri dirinya serta tidak akan datang kepadanya keduniaan melainkan sekedar apa yang telah ditetapkan. dan barang siapa yang menjadikan akhirat itu niatnnya, niscaya Allah menghimpunkan segala urusan serta menciptakan kepuasaan dalam hatinya sementara dunia tunduk kepadanya.

Sesungguhnya Allah menjaga dan membatasi hambaNya yang mu'min dari dunia walaupun ia senang kepadanya sebagaimana kalian menjaga dan membatasi orang sakit dari makanan dan minuman tertentu( HR. al-Hakim)

Ada yang berseru( Malaikat ): Biarkanlah dunia itu untuk penggemarnya, biar dunia itu untuk penggemarnya, biar dunia iru untuk penggemarnya Barang siapa yang mengambil dunia melebihi keperluannya niscaya ia akan menemui azalnya dalamkeadaan tidak sadar.
Wahai dunia jadikanlah engkau sangat pahit kepada  waliKu dan janganlah engkau menampakan kemanismu kepada mereka untuk menggoda mereka (HQR Qudla'i  yang bersumber dari Ibnu Ma'sud r.a.)

PENGIKHLASAN AMAL KARENA ALLAH
  • Dalam hadist Qudsi dikemukakan sebagai berikut:
Kelak pada hari qiamat akan didatangkan beberapa buku yang telah disegel lalu dihadapkan kepada Allah. Allah swt berfirman : " Buanglah ini semuanya ". Malaikat berkata : "Demi kekuasaan Engkau, kami tidak melihat didalamnya melainkan yang baik-baik saja". selanjutnya Allah berfirman : " sesungguhnnya isinya ini dilakukan bukan karena-Ku, dan sesungguhnya tidak akan menerima kecuali apa yang akan dilaksanakan karena  mencari keridoan-Ku"( HQR Bazzar dan Thabrani) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar